Cara Menggunakan Interactive Fill Tool Coreldraw

Apakah sahabat sarjana IT sudah membaca postingan mimin tentang fungsi freehand tool di corelDRAW? Jika sudah yuk kita lanjut pembahasannya dengan memahami bagaimana cara menggunakan interactive fill tool pada coreldraw.

Bagi desainer pemula tentu saja memahami teknik pewarnaan dalam desain menjadi permasalahan tersendiri, terkadang walau kita sudah menguasai teori warna masih saja kesusahan dalam pengaplikasiannya. Oleh karenanya kita butuh tool khusus untuk mengkombinasikan warna satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu kita butuh mengetahui bagaimana fungsi dan cara menggunakan color interactive fill tool in coreldraw.

Fungsi Interactive Tool pada Coreldraw

Interactive Fill Tool CorelDraw

Bagi desainer yang sudah biasa menggunakan aplikasi corelDraw tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur interactive fill, dengan fitur ini kita dapat mengkombinasikan warna sehingga hasil desain menjadi lebih menarik.

Interactive fill adalah tool yang digunakan untuk memberikan kombinasi warna pada sebuah objek yang kita buat, bahkan kita dapat memberikan efek gradasi pada objek tertentu sehingga terkesan memiliki kedalaman.

Fitur Interactive Tool

Untuk mengetahui fungsi interactive fill tool kita harus mengetahui apa saja menu yang ditawarkan, untuk selengkapnya simak penjelasan berikut ini:

No Fill

Fitur ini berfungsi untuk membuat objek terlihat transparan, selain itu dapat kita gunakan untuk menonaktifkan warna pada objek yang kita pilih.

Uniform Fill

Bagi anda yang ingin memberikan warna lebih solid pada objek yang sedang didesain maka opsi ini menjadi pilihan yang paling tepat.

Fountain Fill

Jika anda ingin memberikan efek gradasi pada objek tertentu maka anda bisa menggunakan fitur fountain ini. Dalam fitur ini terdapat Empat pilih jenis gradasi yang terdiri dari, Linear, Elliptical, Conical serta Rectangular.

hebatnya lagi kita juga dapat membuat salah satu warna gradasi tersebut terlihat transparan.

Baca juga: Fungsi Artistic Media Tool CorelDRAW

Vector Pattern Fill

Sesuai namanya fitur ini dapat anda gunakan untuk membuat efek vector pada objek yang dibuat.

Bitmap Pattern Fill

Fitur ini dapat anda gunakan untuk membuat efek pada objek menjadi terlihat seperti grafik raster.

Two-Color

Seperti namanya, fitur ini dapat anda pilih jika ingin memberikan efek dua warna pada sat objek tertentu contoh seperti bendera Indonesia.

Fill Color

Apakah anda ingin menentukan warna tertentu pada suatu objek, maka menggunakan fitur ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Bahkan anda akan memiliki beberapa opsi pilihan warna.

Copy Fill

Fitur ini sangat tepat jika anda gunakan untuk merubah warna objek. Anda dapat menyalin warna dari satu objek ke objek yang lainnya

Edit Fill

Fungsi interactive fill tool in coreldraw selanjutnya adalah edit fill. Fitur ini berfungsi untuk mengedit warna yang ada di objek.

Baca juga: 8 Fungsi Shape Tool Pada CorelDRAW

Cara Menggunakan Interactive Fill Coreldraw

Baiklah setelah anda mengetahui apa saja fungsi dari adanya fitur interactive tool in coreldraw, sekarang mimin akan membagikan bagaimana cara mengaplikasikan warna pada interactive fill.

Cara kerja interactive Fill terbilang sederhana, untuk selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan anda klik interactive fill tool atau menekan shortcut G di Keyboard
  • Pilih objek yang ingin diatur warnanya
  • Silahkan pilih efek warna yang diinginkan seperti yang telah mimin jelaskan di atas.
  • maka objek akan otomatis berganti seperti gambar berikut ini.

Penutup

Demikianlah postingan yang dapat mimin bagikan seputar cara menggunakan tool interactive fill di corelDRAW lengkap dengan fungsi setiap menu yang ada di dalamnya.

Semoga postingan ini dapat membantu dan mempermudah anda dalam belajar corelDraw. Terus semangat untuk berkarya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama