7+ Fungsi Zoom Tool Pada CorelDRAW

Fungsi zoom tool di corelDRAW menjadi salah satu tool yang wajib anda ketahui saat ingin menjadi desainer. Selain itu anda juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

zoom tool adalah Sebuah tool yang biasa digunakan oleh desainer untuk memperluas lembar kerja atau memusatkan pada objek yang ingin dilihat.

Dengan adanya tool ini anda bisa melihat objek yang kecil sehingga dapat membantu mempermudah anda saat membuat desain terbaik.

Apa Itu Zoom Tool?

Fungsi zoom tool

Zoom tool merupakan tool yang berfungsi sebagai media untuk melihat tampilan lebih besar atau lebih kecil di area tertentu. Tool ini terbilang sangat umum pada aplikasi editing. Baik aplikasi editing foto maupun video.

Adanya tool ini tentu saja untuk mempermudah pengguna aplikasi dalam membuat desain yang menarik.

Baca juga: Cara Menggunakan Interactive Fill Tool Coreldraw

Fungsi Tool di Corel Draw dan Cara Menggunakannya

Baiklah setelah anda memahami apa yang dimaksud dengan zoom tool di aplikasi corelDRAW sekarang mimin akan membagikan beberapa fungsi adanya tool ini.

Menu-menu zoom tool

Zoom In

Jika juragan ingin memusatkan tampilan di halaman kerja corel maka anda bisa klik icon Zoom In.

Zoom Out

Zoom out merupakan kebalikan dari zoom in, jika zoom in digunakan untuk memusatkan maka zoom out digunakan untuk memperluas tampilan halaman desain.

Zoom to Selected

Sebagai seorang desainer biasanya kita mencoba untuk melihat objek tertentu. nah, tool yang bisa anda gunakan adalah Zoom to selected.

Zoom to All Object

Zoom tool ini berfungsi untuk melihat seluruh objek yang ada di lembar kerja corel. Tool ini bisa dikatakan sebagai kebalikan dari adanya zoom to selected.

Zoom to Page

Jika anda ingin memusatkan tampilan hanya pada lembaran kerja saja anda bisa menggunakan jenis zoom satu ini.

Zoom to Page Width

Sesuai namanya tool ini berfungsi untuk memusatkan tampilan pada lebar bagian lembar kerja corel.

Zoom to Page height

Jika di zoom to page width bisa memusatkan tampilan pada bagian lebar halaman, maka page height berfungsi untuk memusatkan tinggi lembar halaman.

Baca juga: Fungsi Freehand Tool di CorelDraw yang Wajib Diketahui

Shortcut Zoom Tool

Untuk mempermudah dan mempercepat anda menggunakan beberapa  tool di fitur zoom ini maka anda bisa melakukan dengan menekan beberapa tombol dibawah ini:

Zoom Tool : Tekan tombol Z

Zoom In : (Ctrl) + (+)

Zoom Out : (Ctrl) + (-)

Zoom to Selected : Shift + F2

Zoom to All Object : Tombol F4

Zoom to Page : Shift + F4

Screen Preview : Tombol F9

Selain menggunakan cara di atas anda bisa menggunakan zoom tool dengan menggunakan Pen tool. Caranya cukup sederhana yakni anda hanya butuh mengklik Pen Tool atau menekan tombol H kemudian seret tampilan sesuai keinginan.

Selain menggunakan cara di atas anda juga bisa melakukannya dengan menekan trackball pada mouse kemudian seret pada area yang ingin ditampilkan.

Baca juga: 8 Fungsi Shape Tool Pada CorelDRAW

Penutup

Dari pemaparan diatas dapat mimin simpulkan jika zoom tool berfungsi untuk memusatkan atau memperluas tampilan pada halaman kerja corel.

Selain itu kita juga dapat menggunakan zoom tool dengan berbagai cara, mulai dengan mengklik di toolbox, menggunakan keyboard serta trackball dengan mouse yang kita gunakan.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar corel khususnya tool-tool yang ada didalamnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama