Fungsi Transparency tool pada CorelDRAW

Jika anda ingin menghasilkan karya desain yang menarik, anda harus menggunakan beberapa tool yang ada di corelDraw salah satunya adalah transparency tool.

Apakah anda sudah mengetahui apa itu transparency tool? Jika belum selamat karena anda berapa di artikel yang tepat karena pada pembahasan kali ini mimin akan mengulas apa saja fungsi dan cara menggunakan transparency tool di coreldraw.

Mengenal Transparency Tool di CorelDRAW

Sebelum mimin menjelaskan apa saja fungsi transparency tool pada coreldraw, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui apa yang dimaksud dengan tool transparency.

Transparency adalah salah satu tool yang umum dimiliki oleh aplikasi desain termasuk corelDraw. Transparansi dapat kita artikan sebagai tool yang memiliki kegunaan untuk membuat objek tampak transparan, baik secara keseluruhan atau sebagian.

Tool ini dapat anda temukan di toolbox yang ada di sebelah kiri lembar kerja. Jika anda mengaktifkannya maka pada property bar akan menyediakan beberapa opsi transparency yang bisa anda pilih.

Baca juga: Fungsi Dimension Tool Pada Coreldraw

Fungsi Transparency Tool yang Ada di CorelDRAW

Dari pemaparan diatas kita dapat mengerti jika Transparency tool dalam coreldraw memiliki fungsi untuk membuat objek terlihat transparan baik sebagian atau keseluruhan.

Tool ini sangat cocok jika anda gunakan untuk menghubungkan dua gambar yang terlihat lebih lembut. Contohnya seperti gambar berikut ini.

Selain contoh tersebut masih banyak lagi fungsi dari tool satu ini. untuk lebih mempercepat anda memahaminya mimin akan membagikan cara menggunakan transparency tool yang mudah di CorelDraw.

Cara Membuat Objek Transparan Keseluruhan

Untuk mempermudah anda mempelajari tool ini mimin akan membagikan secara rinci terkait cara menggunakannya. Jika anda ingin membuat objek atau gambar terlihat transparan keseluruhan anda hanya butuh menggeser menu yang ada dibawa objek setelah mengaktifkan fitur transparency tersebut.

Untuk selengkapnya silahkan lihat tutorial membuat gambar transparan di CorelDraw berikut ini.

1. Siapkan objek yang ingin di transparankan

2. Pilih tool transparency yang ada di toolbox

3. Silahkan geser menu yang ada di bawah objek, atau atur angkanya sesuai kebutuhan

4. Selesai

Cara Membuat Gambar Transparan Sebagian di Corel

Selain membuat gambar menjadi transparan secara keseluruhan, anda juga bisa mengedit gambar atau objek terlihat transparan di sebagian sisinya saja.

Untuk caranya sebenarnya hampir sama hanya yang membedakan adalah ketika ingin membuat gambar transparan sebagian kita perlu men-drag gambar sesuai kebutuhan. Untuk cara selengkapnya silahkan simak tips membuat gambar terlihat transparan sebagian di CorelDraw berikut ini:

1. Siapkan objek yang ingin dibuat transparan

2. Klik transparency tool yang ada di sebelah kiri lembar kerja

3. Silahkan anda drag di bagian yang ingin terlihat transparan

4. Selesai

Baca juga: 8 Fungsi Shape Tool Pada CorelDRAW

Fitur-Fitur Transparency Tool

Untuk menyajikan tampilan yang lebih menarik, maka anda bisa menggunakan beberapa fitur yang ditawarkan oleh tool transparency. setiap fitur memiliki kegunaannya tersendiri, untuk selengkapnya silahkan simak beberapa daftar dan kegunaanya berikut ini:

No Transparency

Jika anda sudah terlanjur memberikan efek transparan pada sebuah objek, namun anda merasa hasilnya kurang memuaskan dan anda ingin mengembalikannya ke tampilan awal tanpa efek transparency, maka anda bisa menggunakan menu No Transparency untuk menghilangkannya

Uniform Transparency

Apakah anda ingin membuat objek atau gambar terlihat transparan keseluruhan? Jika iya selain menggunakan cara seperti yang telah mimin bagikan di atas anda juga bisa melakukannya dengan fitur uniform yang ada di property bar. Untuk caranya terbilang mudah sebagaimana berikut ini:

  • Klik objek yang ingin dibuat transparan
  • pilih transparency tool
  • Lalu pilih uniform transparency yang ada di property bar
  • Atur opacity sesuai kebutuhan lewat menu yang tampil di bawah objek.

Fountain Transparency

Fitur kedua adalah Fountain Transparency yang memiliki fungsi untuk membuat objek terlihat transparan gradasi atau dengan bahasa lebih sederhana adalah transparan di sebagian objek. untuk cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Klik objek yang ingin dibuat transparan
  • pilih transparency tool
  • pada property bar silahkan anda klik Fountain Transparency
  • Silahkan anda tentukan model transparan yang diinginkan.

Vector Pattern Transparency

Apakah anda ingin membuat desain transparan dengan menggunakan gambar victor tertentu? Jika iya, anda perlu memaksimalkan fitur satu ini.

Untuk caranya sebagai berikut:

  • pilih objek yang akan dibuat transparan
  • klik Vector Pattern Transparency
  • silahkan tarik pada objek yang disiapkan
  • Anda juga bisa mengubah model victor sesuai keinginan

Bitmap Pattern Transparency

Untuk membuat gambar transparan dengan menggunakan gambar bitmap anda bisa memakai fitur Bitmap Pattern Transparency. untuk caranya anda bisa simak langkah-langkah berikut ini:

  • Tentukan objek yang ingin dibuat transparan
  • pada property bar silahkan klik Bitmap Pattern Transparency
  • silahkan anda klik kiri kemudian tarik ke objek yang telah disiapkan
  • pilih model sesuai keinginan

Two-Color Pattern Transparency

Seperti namanya fitur ini akan memberikan efek transparan dengan menggunakan dua warna sesuai keinginan. untuk pengaplikasiannya anda bisa melakukan langkah berikut ini:

  • pilih objek yang ingin dibuat transparan
  • klik Two-Color Pattern Transparency yang ada di property bar
  • Selanjutnya silahkan tentukan model sesuai keinginan

Texture Transparency

Texture Transparency berfungsi untuk memberikan efek transparan pada objek sesuai dengan model texture yang dipilih. untuk penerapannya sebagai berikut:

  • Pilih objek yang ingin dibuat transparan
  • Kemudian pada property bar silahkan anda klik Texture Transparency
  • Silahkan anda tentukan model sesuai keinginan.

Dengan mengikuti beberapa langkah yang telah mimin paparkan diatas anda sudah bisa membuat efek transparan dengan menggunakan transparency tool di corelDraw.

Baca juga: Fungsi Artistic Media Tool CorelDRAW

Penutup

Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan jika transparency tool berfungsi untuk membuat efek transparan pada objek atau gambar baik transparan keseluruhan atau sebagian.

Selain itu cara membuat efek transparan dengan transparency tool terbilang sangat mudah, anda hanya butuh menentukan opacitynya dengan menggeser menu yang muncul di bawah objek atau men-dragnya sesuai kebutuhan.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar tool-tool yang ada di coreldraw.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama