Fungsi Text Tool Pada CorelDRAW yang Harus Pemula Ketahui

Selain Artistic Media Tool ada beberapa tool yang wajib anda ketahui saat ingin mendesain salah satunya adalah text tool yang ada di coreldraw.

Text tool digunakan untuk Menambahkan teks pada lembar kerja corelDraw baik dalam bentuk catatan ataupun objek. Penerapan tool ini terbilang sangat beragam namun pada tulisan kali ini mimin akan membahas penggunaannya secara mendasar.

Fungsi Text Tool Serta Bentuk-Bentuknya

Fungsi Text Tool

Seperti yang telah mimin sampaikan diatas, text tool berfungsi untuk menambahkan serta mengedit teks di corelDraw. Mengingat fungsinya sangat penting, maka mengenal apa saja bentuk text tool menjadi keharusan bagi anda:

Berikut beberapa bentuk text tool yang ada di CorelDRAW:

1. Text Artistic

Teks artistic biasanya digunakan untuk mengedit tulisan dalam bentuk sederhana dan simple, teks ini dapat kita edit secara bebas seperti memperbesar, mengecilkan, memindahkan dan memiringkan teks, selain itu text artistic dapat kita gunakan untuk mengubah teks ke bentuk kurva.

Contoh text artistic

Untuk cara menggunakan teks ini cukup mudah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengklik text tool menggunakan pick tool atau dengan cara menekan tombol F8 yang ada di keyboard. pada lembar kerja corel silahkan anda ketikan tulisan sesuai kebutuhan.

2. Text Paragraph

Contoh text paragraph

Text paragraph digunakan untuk membuat tulisan panjang berbentuk paragraf, hal ini biasanya digunakan oleh desainer untuk mengedit tulisan koran atau tulisan panjang lainnya.

Untuk membuat teks paragraf kita harus membuat kolom yang ukurannya sesuai dengan yang diinginkan, perlu anda ketahui teks ini tidak bisa anda edit secara langsung, jadi untuk mengubah tampilannya anda harus menggunakan property bar yang disediakan di atas.

Jika anda ingin menggunakan tool ini, maka yang perlu anda lakukan adalah klik teks tool atau tekan F8 di keyboard kemudian klik pada lembar kerja corel dan tahan lalu drag atau geser kursor sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Fitur -Fitur Text Tool

Setelah anda mengetahui beberapa fungsi dan bentuk dari text tool sekarang mimin akan menjelaskan apa saja fitur yang dapat anda gunakan untuk mengedit tulisan yang kita buat, Fitur-fitur ini terletak di property bar. Adapun fiturnya antara lain:

1. Font List

bagi anda yang ingin mengubah bentuk tulisan supaya lebih sesuai dengan desain yang dibuat, maka yang perlu anda lakukan adalah mengganti font pada teks dengan berbagai macam pilihan yang ada di property bar.

2. Font Size

Jika anda ingin memperkecil dan memperbesar ukuran pada teks yang dibuat maka fitur yang bisa anda gunakan adalah font Size. Namun, Jika teks yang anda buat adalah teks artistic maka anda bisa mengubah ukurannya secara langsung dengan menggeser di pojok navigasi tulisan.

3. Fitur Bold, Italic, dan Underline

Untuk menebalkan tulisan maka fitur yang harus anda pilih adalah Blod, untuk memiringkan tulisan anda bisa pakai fitur italic, namun jika anda ingin teks memiliki garis bawah maka silahkan anda gunakan underline. perlu anda ketahui fitur ini dapat anda gunakan pada font yang mendukung.

4. Horizontal Alignment

Bagi anda yang ingin mengatur posisi teks yang dibuat, anda bisa memaksimalkan beberapa pilihan yang disediakan di horizontal alignment. diantaranya:

  • Left : Rata Kiri
  • Center : Rata Tengah
  • Right :Rata Kanan
  • Full Justify : Rata kanan dan kiri sampai akhir
  • Force Justify : Rata kanan dan kiri

5. Bulleted List

Fitur ini berfungsi untuk memberikan list pada daftar teks yang anda buat. Untuk menggunakannya anda perlu mencari fitur ini di property bar.

6. Drop Cat

Apakah anda ingin menonjolkan huruf pada awal kalimat? Jika iya anda bisa menggunakan fitur drop cat.

7. Text Property

Jika anda ingin mengedit tulisan lebih detail maka anda bisa maksimal fitur satu ini. Dalam text property anda bisa mengedit font, ukuran bentuk dan spasi yang diinginkan.

8. Edit Text

Fitur ini hadir untuk memberi keleluasaan anda saat ingin mengedit teks, karena anda akan dibawa ke jendela baru untuk mengeditnya.

Fungsi dan Cara menggunakan Table Tool

Selain text tool terdapat tool lain yang bisa anda maksimal dalam membuat tabel seperti halnya di MS. Word. 

Adapun tool yang bisa anda pakai adalah table tool . Table tool merupakan salah satu tool yang dapat anda gunakan untuk membuat tabel dalam lembar kerja corel.

Untuk cara menggunakannya sangat mudah, yang perlu anda lakukan adalah cari table tool lalu klik dengan pick tool.

Setelah itu silahkan anda atur kolom baris sesuai keinginan, setelah itu silahkan anda ketik teks di dalam kolom yang telah dibuat.

Penutup

Dari postingan di atas dapat mimin simpulkan jika jika text tool merupakan tool yang dapat digunakan untuk menambahkan teks dalam bentuk artistic ataupun paragraf.

Bahkan kita dapat mengeditnya melalui fitur seperti font, font Size, dan lain sebagainya. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar mendesain melalui aplikasi CorelDRAW.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama