8 Fungsi Shape Tool Pada CorelDRAW

Hai pembaca blog sarjana IT, setelah mimin menjelaskan tentang fungsi artistic media tool yang ada di corel kali mimin akan melengkapi informasi seputar corel dengan membahas apa saja fungsi shape tool.

fungsi tool shapes adalah tool yang dapat merubah bentuk sebuah objek dari tampilan aslinya. untuk mengubahnya tool ini menggunakan titik pada garis dari objek yang terdapat di layar kerja coreldraw.

Fungsi Shape Tool di Coreldraw

Fungsi Shape Tool

Setelah juragan mengetahui pengertiannya sekarang mimin akan melanjutkan pembahasan pada fungsi shape tool dalam coreldraw yang perlu diketahui:

1. Merubah Objek Siku jadi Melengkung.

Fungsi pertama adanya tool shape adalah mampu merubah objek yang berbentuk persegi menjadi cekung. untuk caranya sebagai berikut:

1. Pilih Objek yang ingin diubah

2. Selanjutnya klik Shape tool

3. Pada objek silahkan geser bentuk sampai melengkung sesuai keinginan. untuk hasil silahkan cek berikut ini.

nah bagi anda yang hanya ingin mengubah satu sudut saja anda hanya cukup menekan tombol ctrl kemudian geser sesuai keinginan. seperti dibawah ini.

2. Mengubah objek sesuai keinginan

Jika anda menginginkan bentuk objek yang tidak hanya melengkung anda bisa mengubahnya dengan bebas hanya dengan menekan fitur convert to curves yang ada di property bar. Untuk caranya silahkan simak langkah berikut ini:

Silahkan juragan pilih objek yang diinginkan

Klik shape tool

Silahkan pilih convert to curves atau klik ctrl+Q

pilih dan geser titik pada objek sesuai kebutuhan.

Silahkan klik dua kali pada garis (jika ingin membuat titik baru)

Fungsi Shape Tool Lainnya

Selain fungsi diatas adanya shape tool juga memiliki beberapa kegunaan diantaranya:

Smooth Tool

Smooth Tool berfungsi untuk memperhalus atau melengkungkan permukaan dan menghilangkan tepi kasar dari objek. Alat ini efektif untuk menyempurnakan kontur objek, menciptakan tampilan organik yang menyerupai efek gambar tangan.

Menggunakan Smooth tool merupakan proses yang mudah: pertama, pilih objek dengan Pick tool, lalu pilih Smooth tool dari Toolbox, dan terakhir, seret objek sesuai kebutuhan.

Selain itu, kita dapat menyesuaikan dampak Smooth tool dengan mengubah ukuran kuas di bilah properti. Gambar di bawah ini mengilustrasikan contoh hasil yang dicapai dengan Smooth tool.

Smear Tool

fungsi shape tool coreldraw yang lain selanjutnya Smear Tool, ini digunakan untuk menerapkan efek sapuan pada objek, yang memungkinkan penghalusan tepinya atau pembuatan sudut tajam.

Untuk menerapkan Smear tool, pertama-tama pilih objek menggunakan Pick tool, lalu pilih Smear tool dari Toolbox, dan lanjutkan dengan menyeret objek untuk memperoleh efek yang diinginkan. 

Selain itu, kita dapat mengubah ukuran ujung kuas di bilah properti agar sesuai dengan hasil yang diinginkan. Gambar di bawah ini mengilustrasikan contoh hasil yang dihasilkan oleh Smear tool.

Twirl Tool

Twirl Tool berfungsi untuk membuat efek berputar pada objek tertentu. Untuk menggunakan Twirl Tool, pilih objek menggunakan Pick Tool, diikuti dengan mengklik Twirl Tool di Toolbox, lalu seret objek sesuai kebutuhan. Selain itu, kita dapat mengubah radius, kecepatan, dan arah efek rotasi, beserta menyesuaikan intensitas efek dengan mengubah ukuran di bilah properti. Ilustrasi hasil yang dicapai dengan Twirl Tool ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Attract Tool

Attract Tool digunakan untuk memanipulasi objek dengan menyeret simpul, yang memungkinkan efek simpul tertentu pada objek yang ditentukan.

Untuk menggunakan Attract tool, pertama-tama pilih objek menggunakan Pick tool, lalu pilih Attract tool dari Toolbox, dan terakhir, seret objek sesuai keinginan. Selain itu, kita dapat mengubah efek pembentukan dan mengubah ukuran ujung tuas dengan menyesuaikan dimensi di bilah properti sesuai kebutuhan.

Repel Tool

Bagi anda yang masih mempertanyakan apa fungsi shape tool di coreldraw, tentunya terasa kurang jika mimin tidak menjelaskan tentang rapel tool.

Tool ini berfungsi untuk membuat efek simpul pada objek tertentu. rapel tool adalah kebalikan dari attract tool yang telah mimin bahas sebelumnya.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah yang perlu dilakukan adalah pilih objek pada pick tool selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik rapel tool pada menu yang ada di toolbox, terakhir silahkan seret objek sesuai keinginan.

Smudge Tool

Bagi anda yang ingin memberikan efek coretan pada gambar, anda bisa menggunakan smudge tool. Tentu saja fitur ini sangat cocok jika digunakan dengan memakai pen stylus.

Roughening Tool

Roughening tool adalah sebuah tool yang dapat digunakan untuk memberikan efek kasar pada tulisan atau objek yang ingin anda pilih.

Caranya sangat mudah yakni, klik objek lalu pilih Roughening, kemudian silahkan Geser kursor pada objek yang ingin dibuat kasar seperti gambar dibawah ini.

Penutup

Demikianlah Fungsi Shape Tool yang dapat mimin bagikan lengkap dengan cara menggunakannya dengan mudah.

jangan lupa terus pantau situs Sarjana IT untuk mendapatkan informasi seputar Teknologi dan lain sebagainya.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama