Fungsi Rectangle Tool pada CorelDraw

Jika pada pembahasan sebelumnya mimin mengulas secara detail tentang fungsi polygon Tool, sekarang mimin akan menambah wawasan kita tentang desain grafis dengan membahas apa saja fungsi rectangle tool yang ada di CorelDraw.

Rectangle tool menjadi salah satu tool yang wajib diketahui fungsi dan cara menggunakannya karena hampir semua desainer yang ingin membuat banner dan sejenisnya pasti akan menggunakan tool ini.

Mengenal Apa itu Rectangle Tool

Fungsi Rectagle Tool

Rectangle tool adalah tool yang biasa digunakan oleh desainer untuk membuat objek berbentuk persegi, persegi panjang dan garis bentuk. Tool biasanya terdapat di aplikasi desain grafis seperti corelDraw.

Tool ini dapat kita temukan di toolbox yang disimbolkan dengan persegi, selain mengklik tool tersebut anda juga dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol F6 pada keyboard atau tombol R jika anda menggunakan Mac.

Bagaimana apakah anda sudah paham terkait apa itu rectangle tool? Jika iya mimin akan melanjutkan pembahasan kali ini ke pembahasan inti yakni mengenal apakah fungsi tombol rectangle tool yang ada di aplikasi CorelDraw.

Baca juga: Fungsi Crop Tool Pada Coreldraw dan Cara Menggunakanya

Fungsi Rectangle Tool Pada Coreldraw

Seperti yang telah mimin sampaikan diatas bahwasanya rectangle tool berfungsi untuk membuat gambar atau objek berbentuk persegi atau persegi panjang. Dari Fungsi dasar tersebut kita dapat membuat berbagai macam objek sehingga memiliki fungsinya tersendiri. 

Adapun yang bisa kita buat dengan menggunakan rectangle tool sebagai berikut:

1. Membuat Bentuk Geometris

Seperti yang telah kita ketahui jika geometri merupakan salah satu bentuk benda yang memiliki ukuran dan dapat diukur, seperti segitiga, kotak dan jenis lainnya.

Dengan menggunakan tool rectangle kita bisa membuat bentuk geometris sesuai keinginan. Contohnya seperti gambar di atas.

2. Membuat Bingkai

Selain dapat membuat beberapa bentuk geometris fungsi dari rectangle tool adalah membuat bingkai foto atau gambar sesuai keinginan.

Hanya saja untuk mempercantik bingkai kita perlu mengkolaborasikan dengan beberapa jenis tool yang ada di corelDraw salah satunya adalah artistic media tool.

3. Membuat Logo

Fungsi ketiga adanya tool rectangle adalah membuat logo. salah satu logo yang minim buat dengan menggunakan tool ini adalah logo favicon sarjana it ini.

Tentu saja untuk membuat logo anda perlu belajar tentang beberapa keterampilan, sehingga dapat menyusun objek demi objek menjadi bentuk yang filosofis.

4. Membuat Tata Letak Halaman

Ketika anda mendesain sesuai dan ingin memetakan setiap halaman yang ada di lembar kerja corel maka anda perlu menggunakan rectangle tool.

Contoh desain dalam bentuk ini, biasanya terletak pada desain pamflet pendaftaran kerja, pamflet rekrutmen anggota dan lain sebagainya

5. Latar Belakang

Dari keempat fungsi diatas sebenarnya terdapat fungsi yang paling sering digunakan oleh hampir semua desainer yakni membuat latar belakang desain menggunakan tool rectangle.

Jika anda melihat undangan, banner dan pamflet itu semua dibuat dengan bantuan tool rectangle ini. Selain fungsi yang telah mimin sebutkan ini terdapat beberapa fungsi lain yang bisa anda berkreasi sendiri.

Baca juga: Fungsi Transparency tool pada CorelDRAW

Cara Menggunakan Rectangle Tool di CorelDraw

Setelah kita mengetahui beberapa fungsi rectangle tool yang ada di corelDraw pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan bagaimana cara menggunakan tool ini.

Untuk tutorial menggunakan rectangle tool antara lain:

1. Klik rectangle tool atau tekan F6 pada keyboard

2. Selanjutnya buat rectangle dengan mengklik di lembar kerja corel kemudian menariknya sesuai keinginan.

3. Jika anda ingin posisi berada ditengah lembar kerja silahkan klik kemudian tekan tombol shift sembari menarik kursor.

4. Namun jika anda ingin tampilan tepat persegi (kotak) anda hanya perlu menekan tombol ctrl sambil menarik kursor menyesuaikan besar objek yang diinginkan.


Demikianlah cara menggunakan rectangle tool yang ada di coreldraw. untuk membuat objek yang lebih menarik tentu saja kita harus memiliki kreatifitas dan menguasai berbagai macam tool yang ada di corel.

Penutup

Dari pemaparan diatas dapat mimin simpulkan jika fungsi dari rectangle tool pada coreldraw adalah untuk membuat gambar atau objek berbentuk persegi atau persegi panjang.

Selain itu dengan kreatifitas yang tinggi kita juga dapat membuat berbagai macam bentuk sesuai keinginan. Apalagi caranya menggunakannya sangat mudah dan simple.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mempelajari tool yang ada di coreldraw.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama