9+ Fungsi Pick Tool di CorelDRAW yang harus Pemula Ketahui

Memahami apa saja fungsi pick tool menjadi langkah awal yang harus anda lakukan, karena tool ini akan selalu anda gunakan saat mendesain.

Pick tool merupakan tool dasar yang ada di coreldraw, tool ini berguna untuk memilih dan mendrag beberapa objek. Adanya tool ini sangat berfungsi bagi anda yang ingin mengoperasikan coreldraw.

Selain memilih dan mendrag objek anda juga bisa memindah dan memutar objek hingga 360 Derajat.

Mungkin tidak berlebihan jika mimin mengatakan jika tool ini adalah otak dari semua tool yang ada di Corel, Kenapa demikian? Tentu saja karena ketika anda menggunakan tool tertentu maka perlu mengklik pick tool untuk berpindah ke tool yang lainnya.

Baca juga: Fungsi Zoom Tool di CorelDraw

Fungsi Pick Tool Pada Coreldraw

Fungsi Pick Tool CorelDRAW

 Seperti yang telah mimin sebutkan diatas jika pick tool berfungsi untuk berbagai macam kebutuhan, setidaknya mimin telah mengumpulkan 9 kegunaan pick tool pada corel draw, selengkapnya silahkan simak keterangan berikut ini:

 1. Memilih Objek

Ketika anda mendesain pasti akan ada beberapa objek yang anda buat, nah, untuk memilih salah satu objek tersebut anda bisa menggunakan tool ini. Caranya sangat simple anda hanya butuh klik pada objek yang ingin dipilih.

2. Men-drag Objek

Selain memilih objek dengan menggunakan pick tool anda juga bisa mendrag beberapa objek. Caranya silahkan anda klik diluar objek kemudian tarik sampai semua objek yang ingin didrag berada di dalam, lalu lepaskan. Selain itu anda bisa melakukannya dengan cara klik pada objek lalu tekan tombol shift dan klik objek yang ingin di drag.

3. Memindahkan Objek

Fungsi selanjutnya anda bisa memindah objek dari tempat satu ketempat yang lainnya sesuai keinginan. Caranya silahkan klik dan tahan objek  lalu geser ke tempat yang diinginkan.

4. Mengecilkan objek

Fungsi pick tool keempat untuk memperkecil objek. Untuk caranya sangat mudah untuk langkah-langkahnya silahkan anda Klik objek

Kemudian Pilih salah satu sisi yang ada pojok selanjutnya silahkan tarik kedalam. 

5 Memperbesar Objek

Selain mengecilkan objek pick tool juga bisa anda fungsikan untuk memperbesar gambar pada objek. Untuk caranya silahkan anda klik objek pada bagian pojok silahkan anda geser keluar.

6. Memanjangkan objek

Fungsi selanjutnya adanya pick tool adalah untuk memanjangkan objek sesuai keinginan, contohnya dari objek persegi menjadi persegi panjang. Caranya silahkan anda pilih objek lalu tarik pada bagian samping objek sesuai kebutuhan.

7. Memutar Objek

Dengan menggunakan pick tool anda juga bisa memutar objek hingga 360 derajat. Untuk caranya silahkan anda klik 2x pada objek kemudian putar gambar sesuai keinginan.

8. Memiringkan Objek

Selain memutar objek pick tool juga bisa anda gunakan untuk memiringkan objek sesuai keinginan, caranya juga sangat mudah, silahkan klik 2x pada objek lalu pada navigasi panah atas dan kebawah geser sesuai keinginan.

9. Memindah Tool

Fungsi selanjutnya adalah memerintahkan setiap tool yang anda gunakan, perlu diingat corel tidak secara otomatis mengganti tool ke pick tool ketika selesai digunakan, anda harus secara manual.

Baca juga: Fungsi dan Cara Menggunakan Interactive Fill Tool

Sebutkan Fungsi Pick Tool Lainnya?

Baiklah jika anda meminta mimin untuk menyebutkan fungsi dari tool sejenis pick tool, maka mimin akan menjelaskan secara panjang lebar berikut ini:

Freehand Pick Tool

Di dalam toolbox Selain pick tool terdapat beberapa jenis tool salah satunya adalah freehand. Jika pick tool dapat memilih satu objek namun  freehand pick tool bisa memilih banyak objek sesuai keinginan anda.

Free Transform

Selain pick tool dan freehand terdapat satu tool lain yakni free transform. Tool ini bisa anda pakai untuk memilih objek serta mengubahnya baik dari skala, rotasi dan refleksinya. bahkan anda dengan bebas mencondongkan objek sesuai keinginan.

Penutup

Demikianlah beberapa fungsi adanya pick tool di corel draw. Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan jika pick tool memiliki  fungsi diantaranya memilih, men-drag, memindah, mengecilkan, memperbesar, memperpanjang, Memutar, memiringkan objek. Selain itu pick tool juga berfungsi sebagai tempat memindah dari satu tool ke tool yang lain.

Dalam toolbox selain terdapat pick tool juga terdapat freehand pick, dan free transform yang memiliki fungsi beragam.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan dapat membantu anda memahami terkait tool-tool yang ada di corelDraw.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama