Fungsi Freehand Tool di CorelDraw yang Wajib Diketahui

Apakah anda ingin mengenal fungsi freehand tool dalam coreldraw lengkap dengan cara menggunakannya? Jika iya silahkan terus membaca postingan ini.

Sebagai pengguna aplikasi coreldraw tentu saja kita harus memahami apa saja fungsi dari freehand tool, Walaupun tool ini terbilang sangat jarang digunakan oleh para desainer.

Walau begitu mimin akan memberikan beberapa gambar freehand tool untuk mempermudah anda dalam memahami fitur satu ini.

Fungsi Freehand Tool dalam CorelDraw

Fungsi Freehand Tool

Freehand tool adalah sebuah dalam aplikasi corel yang berguna untuk membuat objek secara leluasa sesuai keinginan. Penggunaannya yang terbilang sangat mudah jika menggunakan Pen Stylus.

Dalam toolbox ini terdapat delapan gambar icon freehand tool yang memiliki fungsi yang hampir mirip namun cara gunakannya sangat berbeda.

Sebelum mimin menjelaskan lebih jauh terkait fitur-fitur lain yang ada dalam toolbox, perlu anda ketahui dalam menggunakannya terdapat 2 teknik yang pertama adalah teknik garis lurus dan teknik garis melengkung.

Baca Juga: 8 Fungsi Shape Tool Pada CorelDRAW

Cara Menggunakan Freehand Tool

Seperti yang telah mimin jelaskan diatas jika freehand tool berfungsi untuk membuat objek sesuka hati dengan cara membuat Garis lurus atau melengkung.

Sedangkan kunci pintas untuk freehand tool adalah dengan menekan F5 pada keyboard laptop. Hal ini tentu akan lebih mempermudah anda dalam menggunakannya.

Berikut beberapa jenis tool dalam freehand tool dan cara memakainya:

1. 2-Point Line Tool

Fungsi 2-Point Line

Bagi anda yang ingin membuat garis lurus maka mimin akan merekomendasikan tool satu ini. Sesuai namanya 2-point line tool, maka tool digunakan untuk membuat objek dari poin ke poin untuk membentuk segitiga, persegi, maupun kubus.

Untuk cara menggunakannya sangat mudah yakni anda tinggal pilih 2-point line tool di toolbox freehand kemudian klik di lembar kerja corel selanjutnya klik lagi di bagian lain untuk membentuk objek yang diharapkan. Contoh seperti gambar diatas.

2. Bezier Tool

Fungsi Bezeir

Jika freehand tool adalah alat yang digunakan untuk membentuk objek sesuai keinginan maka bezier tool adalah tool yang digunakan untuk membuat garis dan disuatu waktu bisa digunakan untuk membuat lengkungan pada garis yang dibuatnya.

Sebenarnya yang membedakan antara 2-Point line tool dengan Bezier adalah 2-point hanya bisa membuat garis lurus sedangkan Bezier dapat membuat garis lurus menjadi melengkung.

Untuk caranya sangat mudah anda hanya butuh pilih Bezier tool kemudian klik di lembar kerja corel kemudian klik 2 kali pada objek yang ingin dibuat. 

Namun jika ingin membuat efek melengkung anda bisa membuat dengan cara klik sekali pada halaman kemudian klik pada bagian lainnya dan atur lengkungan sesuai keinginan.

Baca Juga: Fungsi Artistic Media Tool CorelDRAW

3. Pen Tool

Fungsi Pen Tool

Pen Tool menjadi salah satu tool paling sering mimin gunakan saat mendesain objek pada corel. Tool ini bisa digunakan untuk membuat garis atau lengkungan dengan cara mengatur arah kurva sesuai keinginan.

Untuk cara menggunakannya anda tinggal pilih pen tool pada toolbox freehand tool. kemudian buat titik pada halaman corel lalu klik titik kedua dan tahan jika ingin membuat garis lengkung, jika ingin membuat garis lurus anda tinggal klik titik kedua tanpa menahannya.

Selanjutnya jika anda ingin membuat garis lurus setelah garis lengkung anda bisa melakukannya dengan menekan dan tahan tombol alt kemudian arahkan kursor sesuai keinginan.

4. B-Spline Tool

Fungsi B-Spline Tool

B-Spline merupakan tool yang digunakan untuk membuat garis lengkung, jika anda ingin mengatur garis sesuai keinginan anda hanya butuh mengatur pada kurva dan tarik sesuai objek yang ingin dibuat.

Tool B-Spline sebenarnya kebalikan dari 2-Point Line Tool, jika 2-Point Line tool hanya dapat membuat garis dan tidak bisa membuat lengkungan, maka B-spline hanya bisa membuat garis lengkung dan tidak bisa membuat garis lurus.

Untuk cara membuatnya silahkan pilih B-Spline Tool kemudian buat titik awal dan buat titik kedua dengan mengikuti objek yang ingin dibuat lakukan cara ini secara terus menerus. Untuk mengakhiri proses silahkan anda klik kembali titik awal.

5. Polyline Tool

Fungsi Polyline Tool

Tool selanjutnya yang terdapat pada toolbox freehand tool adalah polyline. Tool ini berfungsi untuk membuat garis secara bebas. Sebenarnya tool ini mirip dengan freehand, jika freehand bebas membuat garis namun tidak bisa mengatur garis lurus, sedangkan polyline juga bebas membuat garis namun masih bisa mengatur garis lurus.

Cara menggunakannya sebagai berikut:

1. Klik Polyline tool di toolbox freehand.

2. Klik titik awal dan titik kedua seperti objek yang diinginkan

3. Jika ingin membuat garis lurus silahkan klik tombol shift.

4. Akhiri proses dengan menghubungkan titik akhir dengan titik awal dibuat.

6. 3-Point Curve

Fungsi 3-Point Curve

Tool keenam adalah 3-Point Curve yang berfungsi untuk membuat garis lurus atau lengkung dengan menentukan bentuknya menggunakan kurva. Tool ini hampir sama dengan Pen tool hanya yang membedakan pada cara pengaplikasiannya. Jika Pen Tool secara bebas menentukan titik point objeknya, maka 3-Point Curve dapat dengan bebas menentukan lengkungan di kurvanya.

Cara menggunakannya seperti dibawah ini:

pilih 3-Point Curve

Klik titik awal dan geser pada titik kedua

Geser melengkung sesuai keinginan.

Untuk menyambungnya silahkan klik titik kedua dan lakukan hal yang sama.

Terakhir tutup proses dengan mempertemukan titik akhir dengan titik pertama.

7. Smart Drawing Tool

Jika anda ingin membuat garis secara otomatis di lembar kerja coreldraw anda bisa menggunakan tool yang satu ini. Tool ini tentu berbeda dengan lainnya. Karena corel menghadirkan tool ini untuk membuat gris secara lembut.

Untuk caranya sangat mudah silahkan anda pilih Smart Drawing Tool kemudian klik untuk membuat titik dan geser sesuai keinginan. dan akhiri dengan mempertemukan tujuan garis.

8. Live Sketch Tool

Terakhir tool yang perlu anda ketahui adalah live sketch tool. Tool ini berfungsi untuk membuat garis sehingga membentuk gambar yang nyata sesuai yang diinginkan. Mimin sarankan anda menggunakan Pen Stylus jika ingin menggunakan tool ini.

Menggunakannya cukup mudah yakni dengan membuat titik kemudian geser sesuai gambar yang ingin dibuat.

Penutup

Itulah fungsi dan cara menggunakan freehand tool yang dapat mimin bagikan lengkap dengan penjelasan terkait tool yang ada di dalamnya.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar desain menggunakan aplikasi corelDRAW. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama