Fungsi Eyedropper Tool Pada CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Apakah anda mencari cara bagaimana mempermudah memberi warna yang sesuai dengan objek yang sedang anda desain? Jika iya, anda perlu mengetahui fungsi eyedropper tool yang ada di CorelDraw.

Color eyedropper tool merupakan tool yang digunakan oleh desainer untuk menyalin warna dari suatu objek ke objek yang lainnya. Tool ini sangat sering mimin gunakan untuk membuat warna yang serasi antar objek.

Pada tulisan ini mimin tidak hanya akan mengulas beberapa fungsi color eyedropper tool dan cara menggunakan lengkap dengan contohnya. Penasaran? Yuk lanjut membaca.

Fungsi Eyedropper Tool di Corel Draw

Fungsi eyedropper tool

Apakah fungsi dari tombol eyedropper tool? Seperti yang telah mimin singgung diatas jika color eyedropper berfungsi untuk menyalin sampel warna objek pada objek lainnya.

Dari penjelasan tersebut dapat kita pahami jika eyedropper tool berfungsi untuk menciptakan warna yang serasi dengan objek yang dipakainya.

Baca juga: Fungsi Text Tool di CorelDraw

Untuk cara menggunakannya terbilang sangat mudah yang perlu anda lakukan antara lain:

1. Siapkan objek atau gambar untuk diambil warnanya

2. Klik Color Eyedropper yang ada di toolbox

3. pilih warna yang ingin anda salin pada gambar yang telah disiapkan

4. Salin pada objek yang yang ingin anda warnai

5. Selesai

Fitur - Fitur pada Color Eyedropper Tool

Ada beberapa fitur yang bisa anda gunakan pada tool satu ini, bahkan setiap fitur memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda, untuk selengkapnya simak daftar berikut ini:

Select Color : Digunakan untuk memilih warna pada objek

Apply Color : Digunakan untuk menempel warna.

Select from Desktop : berisi kolom yang dapat digunakan sesuai ukuran yang diinginkan seperti 1:1, 2:2 serta 5:5.

Selected Color: Berguna untuk menunjukkan warna yang telah disalin

Add to Palette : Bisa anda gunakan untuk menyimpan warna supaya bisa digunakan dilain kesempatan.

Baca juga: 9+ Fungsi Pick Tool di CorelDraw

Mengenal Tool Attributes Eyedropper

Selain tool Color Eyedropper terdapat tool lain yang bisa anda gunakan untuk menyalin warna tool yang dapat anda gunakan adalah Attributes Eyedropper.

Attributes Eyedropper merupakan tool ini berfungsi untuk menyalin warna pada objek yang diinginkan, selain itu anda bisa menggunakan fitur ini untuk menyalin warna outlet, efek serta ukuran pada suatu objek.

Lantas apa saja perbedaan antara keduanya? Perbedaan antara color eyedropper dengan Attributes Eyedropper adalah eyedropper dapat anda gunakan untuk menyalin satu warna pada objek, sedangkan Attributes dapat melakukannya lebih banyak seperti menyalin warna outline dan jenis-jenis gradasi yang dipakai.

Penutup

Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan jika Color Eyedropper Tool berfungsi untuk menyalin warna pada objek atau gambar pada objek lainnya.

Tool ini dirasa cocok untuk menyelaraskan warna antar objek, apalagi cara menggunakannya terbilang sangat mudah, Pada postingan ini mimin juga telah melengkapi dengan fungsi dari tool sejenis yakni Attributes Eyedropper.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mempelajari desain khususnya menggunakan corelDRaw. Terus pantau situs ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama