Fungsi Dimension Tool Pada Coreldraw

Apakah anda penasaran dengan fungsi dimension tool yang ada pada aplikasi corel? Jika iya, maka semua rasa penasaran itu akan hilang setelah membaca postingan ini.

Tool parallel dimension di corel sebenarnya sangat jarang dipakai oleh desainer. Alasannya karena tool ini kurang berhubungan dengan desain grafis.

Baca juga: 8 Fungsi Shape Tool Pada CorelDRAW

Fungsi Parallel Dimension Tool CorelDraw

Adapun fungsi dari parallel dimension tool adalah untuk mengukur jarak antara dua titik pada satu objek, ketika anda menggunakan tool ini diharapkan bisa mengukur objek sesuai keinginan.

Tool ini sangat cocok anda gunakan saat mendesain interior atau arsitektur rumah atau gedung. Untuk cara menggunakannya terbilang sangat sederhana. Selengkapnya silahkan anda simak langkah berikut ini:

1. Buatkan objek yang ingin diukur

2. Pilih Parallel  Dimension Tool yang terdapat pada toolbox

3. Selanjutnya silahkan anda pilih titik yang ingin diketahui jaraknya

4. Terakhir silahkan anda letakkan teks dimensi sesuai tempat yang diinginkan.

Baca juga: Fungsi Artistic Media Tool CorelDRAW

Mengenal Tool Serupa Parallel Dimension Tool

Selain tool yang telah mimin sebutkan diatas terdapat beberapa tool yang memiliki fungsi serupa namun kegunaanya sangat berbeda. Adapun tool tersebut antara lain:

1. Horizontal or Vertical Dimension

Bagi anda yang ingin mengukur dimension pada suatu objek namun ingin fokus pada titik horizontal atau vertikal maka menggunakan tool ini adalah langkah yang sangat tepat.

2. Angular Dimension

Tool selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengukur objek adalah Angular Dimension. Tool ini berfungsi untuk mengukur yang berpotongan di antar titik dengan berpatokan dengan titik pusatnya.

3. Segment Dimension

Jika anda ingin mengukur jarak antar garis di satu bagian atau lebih anda bisa memaksimalkan tool segment dimension yang ada di toolbox.

4. 2- leg Callout

Tool ini sangat cocok anda gunakan untuk mengidentifikasi pada bagian di sebuah objek atau gambar, anda juga bisa memakai tool ini untuk menentukan bagian yang lebih prioritas dari desain yang memakai garis.

Baca juga: Fungsi Text Tool Pada CorelDRAW yang Harus Pemula Ketahui

Penutup

Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan jika Parallel Dimension Tool memiliki fungsi sebagai tool yang dapat mengukur jarak antara titik pada objek.

Untuk desain grafis tool ini terbilang sangat jarang digunakan, namun jika anda mendesain interior yang berhubungan dengan arsitektur maka tool ini akan sangat membantu.

Demikianlah postingan yang dapat mimin bagikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar desain menggunakan corelDraw.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama