Fungsi Crop Tool Pada Coreldraw dan Cara Menggunakanya

Pada pembahasan sebelumnya mimin telah mengurai fungsi transparency tool di coreldraw, Nah di kesempatan kali ini mimin akan melanjutkan pembahasannya untuk lebih mengenal fungsi crop tool lengkap dengan cara menggunakannya.

Sebenarnya postingan ini dibuat karena adanya pertanyaan dari adik mimin yang sedang belajar desain grafis, pertanyaannya adalah coba jelaskan fungsi dari crop tool kak?

Mendengar pertanyaan itu mimin jadi termotivasi untuk menuliskan jawabannya melalui situs sarjanait.com ini. Penasaran dengan apa fungsi dan cara menggunakan crop tool? yuk lanjut baca postingan ini.

Mengenal Crop Tool

Fungsi Crop Tool Pada Coreldraw

Baiklah sebelum mimin membahas inti dari postingan ini alangkah lebih baiknya jika anda mengenal lebih dulu apa yang dimaksud dengan crop tool.

Crop tool merupakan tool yang umum di aplikasi desain grafis, salah satunya adalah corelDraw. crop berfungsi untuk memotong gambar atau objek tertentu. 

Tool ini biasanya digunakan ketika ada beberapa sisi yang dianggap tidak perlu untuk ditampilkan di lembar desain. 

Baca juga: Fungsi Dimension Tool Pada Coreldraw

Fungsi Crop Tool di Aplikasi CorelDraw

Dari pemaparan diatas kita dapat mengetahui jika fungsi dari crop tool adalah untuk memotong gambar atau objek, dengan adanya tool ini kita dapat membuang bagian yang tidak diinginkan dan mengambil salah satu bagian yang kita perlukan.

Fungsi crop ini bisa kita terapkan ketika mengambil bagian dari objek yang ingin kita pakai untuk desain. setelah anda mendrag bagian tertentu maka bagian yang tidak anda drag akan otomatis hilang dari lembar kerja corelDraw.

Cara Menggunakan Crop Tool CorelDRAW

Mengingat fungsinya yang terbilang sangat opsional ini, maka kita mengetahui cara menggunakannya cukup penting. Untuk menggunakannya kita harus mengetahui bagian mana yang ingin kita gunakan dan sisi mana yang ingin kita hilangkan.

Untuk selengkapnya silahkan juragan ikuti tutorial memotong objek di corelDraw dengan crop tool dibawah ini:

1. Siapkan objek yang ingin anda potong

2. Setelah itu silahkan juragan klik crop tool yang ada di toolbox

Simbol Crop Tool

3. Silahkan pilih bagian yang ingin diambil dengan cara klik pada pojok bagian kemudian drag sesuai keinginan.

4. Selesai.

Setelah anda mengikuti langkah diatas maka anda sudah berhasil memotong gambar atau objek dengan menggunakan tool crop yang ada di corelDraw.

Baca juga: Fungsi Eyedropper Tool Pada CorelDRAW dan Cara Menggunakannya

Jenis Tool Crop Di CorelDraw

Sebenarnya di Corel kita bisa menggunakan beberapa opsi untuk memotong atau membuang dan memilih bagian pada gambar atau objek tertentu di Corel. Adapun tool yang bisa kita gunakan selain crop tool antara lain Knife, Virtual Segment Delete dan Eraser.

Knife Tool

Jika anda ingin memotong objek berbentuk irisan layaknya sebuah pisau maka knife tool menjadi pilihan tepat untuk anda gunakan. Untuk caranya terbilang simple sekali, seperti berikut ini:

  • Pilih objek yang ingin di iris menggunakan pick tool
  • Setelah itu silahkan anda klik knife tool yang ada di toolbox crop tool
  • Terakhir silahkan anda tentukan bagian yang ingin dipotong
  • Selesai

Virtual Segment Delete

Tool virtual segment delete berfungsi untuk menghapus bagian sebuah objek yang tertimpa atau menimpa objek lainnya. Untuk cara menggunakannya sangat mudah, untuk tutorial cara memotong objek yang tertimpa di corelDraw sebagai berikut:

  • Klik objek yang tertimpa dan ingin dipotong menggunakan pick tool
  • Silahkan anda pilih Virtual Segment Delete
  • Setelah itu silahkan klik objek yang ingin dipotong
  • Selesai

Eraser

Jika juragan ingin menghapus objek layaknya penghapus pensil yang ada di dunia nyata, maka Eraser menjadi opsi yang bisa anda pakai. Untuk caranya sangat mudah dan simple, bahkan mimin lumayan sering menggunakan tool ini. Untuk tutorialnya sebagai berikut:

  • Pilih objek yang ingin dihapus
  • Setelah itu silahkan anda klik Eraser yang ada di toolbox Crop tool
  • Kemudian hapus bagian objek yang tidak dibutuhkan dengan cara menggeser kursor ke bagian yang ingin dihapus.
  • Selesai.

Itulah beberapa opsi memotong objek atau gambar di CorelDraw yang bisa anda praktekkan dengan mudah.

Penutup

Setelah membaca postingan ini dapat kita simpulkan jika Fungsi pada crop tool adalah untuk memotong objek yang tidak diinginkan dan hanya menyisakan objek yang kita butuhkan.

Untuk cara menggunakannya terbilang sangat mudah, yang perlu kita lakukan adalah menentukan objek yang ingin kita potong kemudian klik crop tool yang ada di toolbox selanjutnya seleksi bagian yang ingin diambil dan ingin dibuang.

Selain menggunakan crop tool anda juga bisa memotong objek dengan bantuan beberapa tool sejenis, diantaranya adalah knife tool, Virtual Segment Delete dan Eraser.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam memahami tool yang ada di CorelDraw khususnya tool crop.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama